5 Kesalahan yang Bikin Bobot Badanmu Naik Setelah Latihan Berat

Banyak hal bisa dilakukan sebagai bentuk latihan cardio. Ada yang lebih memilih jalan, bersepeda, berlari atau juga juga berenang. Tak jarang pula orang lebih mmeilih untuk pergi ke gym dan menghabiskan waktu diatas treadmill.

Latihan kardio sendiri selama ini seringkali digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, namun sayangnya hasil yang didapat tak selalu seperti yang diharapkan bahkan ada yang malah sebaliknya yakni berat badan makin bertambah.

Naiknya berat badan setelah melakukan latihan kardio sendiri biasa disebabkan karena karena adanya salah paham dalam melakukan latihan. Setidaknya ada 5 kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang ketika memutuskan latihan kardio.

  1. Salah Timing

Seringkali orang menghabiskan waktu diatas treadmill lalu dilanjutkan dengan latihan beban. Mungkin hal ini biasa dilakukan oleh orang-orang namun sebenarnya ini merupakan hal yang salah. Tubuh yang sudah merasa lelah karena kardio lalu dipaksa latihan beban membuat latihan anda menjadi kurang maksimal. Lindsay vastola, Pelatih Fitness dan Body project sendiri menyarankan untuk melakukan dua latihan tersebut dalam dua hari yang berbeda agar lebih maksimal

  1. Aturan bakar 500 kalori

Kesalahan yang sering terjadi adalah orang lebih mengejar angka yang ada pada papan treadmill, banyak yang mengira membakar 500 kalori di treadmill adalah pencapaian yang bagus. Namun, banyak yang tak sadar jika angka tersebut hanyalah prakiraan bukan angka pasti karena semua balik lagi ke metabolisme tubuh anda. dibandingkan mengejar angka kalori ada baiknya anda mengejar intensitasnya. semakin tinggi intensitas latihan yang anda lakukan maka akan lebih maksimal.

  1. Terus bakar lemak

Saat anda melakukan latihan yang ringan, lemak tidak akan sepenuhnya terbakar bahkan bisa jadi tubuh tidak menggunakan lemak untuk mengubahnya menjadi energi. sementara itu latihan dengan intensitas tinggi bisa membuat kalori yang terbakar juga meningkat. Perlu diingat latihan intensitas tinggi juga bisa membuat cedera maka ada baiknya anda melakukan secara bergantian antara intensitas tinggi dan rendah.

  1. Latihan dengan perut kosong

Banyak yang bilang olahraga dengan perut kosong lebih baik karena akan membakar lemak lebih banyak. Faktanya hal ini bisa menjadi boomerang yang berbahaya karena bisa membuat anda terkena hiperglikemik dan hidrasi. Pada dasarnya setiap latihan kardio membutuhkan kombinasi karbohidrat dan lemak untuk energi.

  1. Ikut Lomba Lari

Lomba lari memang memiliki banyak manfaat seperti misalnya meningkatkan kardiovaskular serta stamina anda. Lomba lari sendiri membuat tubuh lebih efisien dalam menyimpan energi. Dengan hematnya energi yang tersimpan maka sedikit pula lemak yang terbakar. sehingga bisa dibilang lomba lari memang menyehatkan namun tidak cocok untuk menurunkan berat abdan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *