6 Tips Untuk Mengatasi Smartphone Lemot dan Menjadi Lancar Kembali

Saat bermain gawai, seringkali secara tidak sadar membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu. Ketika gawai sulit dijalankan atau lemot barulah si pengguna menyadari bahwa perangkat gawainya mulai berkurang kinerjanya. Sebelum memperbaiki gawai yang terasa lebih lemot dari biasanya, periksalah terlebih dahulu penyebab gawai menjadi lemot.

Penyebab gawai lemot biasanya dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal, memori penyimpanan telah penuh, dan membuka terlalu banyak aplikasi di saat yang bersamaan. Setelah mengetahui penyebab gawai lemot, simaklah tips berikut ini untuk membuat perangkat gawaimu menjadi lancar lagi.

  1. Perhatikan kapasitas penyimpanan

Jika perangkat gawai terasa lemot, cobalah periksa kapasitas penyimpanannya. Penyimpanan yang hampir penuh dapat menyebabkan kinerja suatu perangkat gawai jadi melambat. Hapuslah beberapa file yang sudah tidak digunakan.

  1. Pilihlah aplikasi yang serbaguna

Ketika memasang aplikasi di smartphone, pilihlah aplikasi yang serbaguna. Misalnya, lebih baik menginstal satu aplikasi yang berisi paket office daripada menginstal aplikasi word saja. Aplikasi yang seperti ini sangat efektif dan efisien digunakan.

  1. Gunakan aplikasi antivirus

Tak sedikit orang yang menggunakan aplikasi antivirus untuk menghalau virus di smartphone. Aplikasi antivirus tetap berjalan di background sehingga memungkinkan bateri cepat habis. Selain membuat baterai cepat habis, aplikasi ini juga membuat performa smartphone jadi melambat. Hindarilah menggunakan beberapa aplikasi antivirus, cukup gunakan satu saja. Lihat rekomendasi aplikasinya di blog teknolagi.

  1. Kurangi widget

Widget berfungsi untuk mempercepat akses ke suatu aplikasi. Penampilan widget juga menarik. Tetapi seringkali orang tak menyadari bahwa terlalu banyak penggunan widget justru menyebabkan gawai menjadi lemot. Hal ini dikarenakan widget mengonsumsi jumlah RAM yang jauh lebih besar.

  1. Pasang aplikasi yang diperlukan saja

Cara termudah untuk mengatasi smartphone lemot adalah dengan menyeleksi aplikasi yang digunakan dan yang tidak. Karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang, kapasitas RAM jadi berkurang karena menampung banyak aplikasi. Hal inilah yang menyebabkan performa gawai jadi lemot. Pertahankanlah aplikasi yang dibutuhkan saja dan hapus yang tidak perlu.

  1. Bersihkan cache

Cache terdiri dari dua jenis, yaitu cache data dan cache partition. Fungsinya pun berbeda-beda. Cache data digunakan untuk menyimpan data dari aplikasi yang digunakan, sedangkan cache partition adalah cache yang berguna untuk menyimpan proses-proses yang pernah dijalankan sistem.

Tetapi, dibalik fungsi tersebut, cache juga dapat menyebabkan ponsel menjadi lemot karena penumpukan data. Untuk itu hapuslah cache yang ada di ponsel secara berkala agar kapasitas memori tetap terjaga.

Cobalah tips di atas jika gawaimu melemah kinerjanya. Jika gawaimu membaik setelah menerapkan tips di atas, tandanya caramu menggunakan ponsel yang harus diperbaiki. Tetapi jika tips di atas tidak berhasil diterapkan, cobalah bawa perangkat gawaimu ke konter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *