Mengenal Apa itu Gerakan Olahraga HIIT dan Jenisnya Untuk Pemula

HIIT merupakan kependekan dari High Intensity Interval Training. HIIT masih tergolong ke dalam jenis olahraga kardio atau olahraga untuk meningkatkan denyut jantung. Ternyata jenis olahraga ini juga dinilai efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Olahraga HIIT juga tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup sebentar saja, tetapi sering dilakukan.

Sama seperti akan melakukan aktifitas olahraga lainnya, hal pertama yang harus dilakukan sebelum berolahraga adalah pemanasan. Pemanasan dapat dilakukan dengan hanya ber-jogging selama kurang lebih 3 menit. Jangan lupa istirahat setidaknya 2 menit sebelum melakukan gerakan inti HIIT. Berikut ini gerakan-gerakan olahraga HIIT untuk pemula dan dapat dilakukan di rumah.

  1. Squat jump

Squat jump merupakan gerakan HIIT untuk tubuh bagian bawah. Gerakan ini dapat dilakukan dengan mudah. Berdirilah dengan kuat dan melebarkan kaki sebatas lebar bahu. Arahkan tangan ke depan dan tekuk sedikit. Melompatlah sembari melebarkan kaki kemudian mendaratlah dengan perlahan. Lakukan kegiatan ini secara berulang untuk melatih otot tubuh bagian bawah.

  1. Push up

Gerakan yang satu ini sudah banyak dikenal orang. Ternyata gerakan olahraga ini efektif untuk membakar lemak dalam tubuh. Posisikan badan menghadap ke lantai dan lengan diletakkan di samping. Angkat badan berulang kali. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot tangan dimana banyak wanita mengalami masalah lemak di lengan. Push up termasuk latihan HIIT untuk tubuh bagian atas.

  1. Plank atau sit up

Gerakan HIIT untuk pemula berikutnya adalah plank atau sit up. Sekilas plank dan push up terlihat mirip, tetapi sebenarnya ada sedikit perbedaan. Jika push up bertujuan melatih otot tangan dengan mengangkat beban tubuh menggunakan tangan, maka plank bertujuan menopang tubuh dengan tangan. Jika plank terasa sulit dilakukan, cobalah untuk melakukan sit up.

  1. Burpees

Gerakan olahraga HIIT yang terakhir adalah burpees. Dibutuhkan energi lebih untuk melakukan latihan ini. Posisikan tubuh dengan posisi seperti jongkok. Luruskan tangan dan tempelkan telapak tangan ke lantai. Tarik kaki ke belakang hingga kaki menjadi lurus dan kembalilah ke posisi semula dengan tangan tetap di lantai. Kemudian melompatlah.

Setelah melakukan gerakan inti HIIT, lakukanlah pendinginan selama kurang lebih 3 menit. Pendinginan dapat dilakukan dengan berjalan santai. Lakukanlah setiap gerakan di atas dengan perlahan. Jangan memaksakan diri di awal latihan karena hanya akan membuat energi habis di awal latihan. Disarankan untuk melakukan gerakan olahraga ini 3 hingga 5 kali dalam satu minggu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *